kesehatan anak
images source : Google

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pada Anak

Orang tua terkadang sangat mengkhawatirkan kesehatan anaknya yang sangat aktif di usianya yang masih kecil yang terkadang terlihat tidak kenal lelah. Si kecil yang sangat suka bermain kesana kemari, seringkali membuat Mom dan Dad takut jika bisa sakit.

Orang tua tidak perlu terlalu takut jika anaknya terlalu bersemangat untuk bermain, karena untuk menjaga kesehatan, Ayah dan Bunda hanya perlu memperhatikan asupan gizi, kebutuhan tidur, dan kebersihan anak.

Pada dasarnya, ada beberapa hal umum yang menyebabkan anak mudah sakit, yaitu:

1. Masalah Kekebalan Tubuh

Masalah ini biasanya menimpa anak-anak yang menderita kelainan bawaan sejak lahir, seperti penderita alergi, meskipun anak yang tidak menderita kelainan seperti ini juga bisa mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Saluran cerna merupakan sistem perlindungan anak dari penyakit, maka untuk menjaga kesehatan anak, berikan anak makanan yang bergizi sebagai awal perlindungan kekebalan tubuhnya.

2. Paparan Lingkungan

Lingkungan yang tidak sehat tentunya menjadi sarang penyakit yang dapat mengganggu kesehatan anak. Salah satu paparan lingkungan yang mendatangkan penyakit adalah di lingkungan rumah Anda. Jika rumah Anda berada di dekat sungai yang kotor, tentunya menjadi sarang nyamuk yang dapat menyerang anak Anda.

3. Infeksi

Anak sering mengalami demam karena terpapar bakteri atau virus. Ini bisa jadi karena mengontrak teman sekolah yang sakit. Ada penelitian bahwa anak-anak yang berada di sekolah memiliki risiko infeksi 1,5-3 kali lebih besar daripada anak-anak yang berada di rumah.

Untuk proses tumbuh kembang anak, tentunya menjaga kesehatan merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan orang tua.

Berikut kami berikan tips dalam menjaga kesehatan anak:

Menyediakan Makanan Bergizi
Berikan anak Anda makanan bergizi. Hal ini tentunya akan memudahkan virus atau bakteri untuk menyerang tubuh anak Anda. Nutrisi yang diberikan orang tua terdiri dari 50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 10-15 persen protein.

Baca Juga :  6 Cara Menjadi Ayah yang Baik untuk Anak Perempuan

Menjaga kebersihan
Jaga kebersihan anak. Yakni dengan membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau bermain, menggosok gigi tiga kali sehari, mengganti popok bayi secara rutin dan kebersihan lainnya.

Aktif bergerak
Untuk membuat daya tahan tubuh anak kuat, anak perlu diajak melakukan aktivitas fisik secara rutin. Misalnya mengajak anak bermain di luar ruangan bersama teman-temannya, mengajak mereka menari, berolahraga atau kegiatan lainnya. Dengan aktif bergerak, otomatis anak akan terhindar dari obesitas yang merupakan sumber penyakit.

Jangan Ngemil sembarangan
Jangan makan sembarangan. Seringkali anak-anak sangat menyukai jajan sembarangan yang berpotensi terkena bakteri dari makanan yang dikonsumsi anak. Untuk menghindari itu, mengapa orang tua tidak memberikan makanan dan minuman bergizi dari rumah.

Ikuti Jadwal Imunisasi
Untuk membuat tubuh anak kebal, patuhi jadwal imunisasi yang diatur oleh pemerintah, dengan kata lain jangan alergi imunisasi karena itu untuk kesehatan anak. Hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT merupakan imunisasi wajib yang harus diberikan kepada anak Indonesia oleh pemerintah.

Jadi, anak merupakan investasi masa depan orang tua, untuk itu sangat wajib bagi orang tua untuk menjaga kesehatannya sejak dini. Dengan penjelasan di atas, semoga bermanfaat bagi anda bapak dan ibu sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan anak anda.

About administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published.